Assalamu'alaikum . . Wr. Wb. . Selamat Datang Di Ma’had Al-Furqon Muhammadiyah Cibiuk-Garut_Mohon Maaf Apabila Terdapat Kesalahan Wassalam . .

Modernisasi Dan Gombalisasi

Posted by Ayub Cibiuk 18.52, under | No comments

Modernisasi Dan Gombalisasi

Dunia makin lama makin berubah seiring berjalannya waktu, manusia pun juga demikian akan mengalami perubahan seiring dengan berjalannya masa. Tidak hanya terlihat dalam bentuk fisik perubahan itu, melainkan juga terlihat dari segi yang lain.

Berbicara tentang perubahan jaman, jaman telah berubah dari era ke era. Dimulai dari era nabi Adam yang hanya mengenakan pakaian dari bahan alam, sampai di era saat ini yang terkenal dengan era modernisasi.

Setiap jaman atau dalam setiap era atau dalam setiap masa, terjadi banyak sekali perubahan-perubahan yang sangat signifikan. Perubahan jaman terjadi pula karena perubahan cara berpikir sang penghuni, yaitu manusia. Yang dahulunya manusia hanya mempunyai pikiran tertentu, semakin berjalannya waktu pikiran-pikiran itu berkembang sehingga mempunyai dampak pada perubahan jaman.

Tidak hanya perubahan fisik dan perubahan cara berpikir saja, melainkan juga adanya perubahan-perubahan dari dalam hati, yang khususnya tentang cinta. Dahulu, cinta tak pernah memandang selain dari perilaku yang baik dan kesederhanaan.

Kini, dijaman modernisasi, perubahan yang terjadi pada sebuah cinta juga sangat jauh dibandingkan dengan cinta-cinta pada masa lalu. Menelaah sedikit apa itu jaman modern? modernisasi adalah dimana jaman ini memiliki kemajuan pada bidang teknologi, pakaian modern, berbagai barang dalam bentuk kebarat-baratan.

Hubungan antara cinta dengan modernisasi sangat erat sekali. Cinta pada waktu dahulu, adalah cinta yang mempunyai nilai-nilai kesederhanaan, dan dengan nilai itulah kesetiaan cinta sangat lah terbukti. Contoh nyata adalah kisah cinta kakek dan nenek kita semua, itu adalah contoh kecil yang nyata dari sebuah proses cinta yang diawali dengan kesederhanaan. Jika kita bayangkan, jaman dahulu adalah jaman yang sulit, namun kakek nenek kita bisa bersama-sama menjalani kehidupan yang sulit itu dengan kekuatan kesetiaan.

Namun, jaman telah mempengaruhi cinta sesorang. Jaman modernisasi yang berkiblat pada negara barat ini mempengaruhi nilai-nilai kesederhanaan dari sebuah cinta. Sehingga terlahirlah jaman gombalisasi pada jaman modernisasi ini. Gombalisasi adalah jaman dimana banyak orang yang hanya manis pada kata-kata, sebuah janji namun diingkari dan kata-kata setia namun akhirnya putus juga.

Modernisasi dan Gombalisasi adalah suatu rangkaian yang bercampur aduk antara sifat-sifat yang merusak sebuah cinta. Cinta tak lagi mengedepankan kebersamaan, kesetiaan dan ketulusan ... melainkan lebih banyak mengumbar janji palsu dan pengharapan yang berlebihan.

Ketika cinta seseorang yang jauh dari kesederhaan, akan memberikan dampak:

1. Materialistik

Cinta karena harta akan menjadikan keburukan dari sebuah hubungan, menghamburkan harta yang dipunya yang lebih canggih dan membuat mata-mata hati ingin merebutnya dengan dalih sebuah cinta. Tentunya cinta palsu.

2. Individualistik

Orang yang hatinya dipengaruhi oleh jaman, tentunya akan lebih egois ketika sudah memiliki apa yang ia inginkan. Sehingga cinta pada yang lain itu sangat minim. Yang penting aku bahagia, orang lain tak kan aku pikirin.

3. Gaya hidup yang berlebihan

Modernisasi yang serba canggih ini, lebih banyak orang yang hidup dengan berlebihan. Gaya penampilan kini semakin memperlihatkan tubuh-tubuh yang menggoda dengan busana minim dan berpenampilan glamor. Dengan ini pula, cinta bukan lagi dari jiwa,melainkan karena cinta tubuhnya.

Itulah sedikit pengaruh dari modernisasi sehingga muncul gombalisasi. Boleh hidup modern namun cinta tetap dengan kesederhaan sehingga akan tercipta sebuah kesetiaan.

Jangan sampai jaman modernisasi mempengaruhi cinta anda, cinta tak butuh kemewahaan, kesetiaan tak butuh kemewahaan, cinta tetap melekat dengan kesederhanaan. Dengan kesederhanaan cinta itulah, cinta bisa mencintai dengan apa adanya, tulus dan setia. Hiduplah modern untuk melatih kesederhanaan cinta anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive