Assalamu'alaikum . . Wr. Wb. . Selamat Datang Di Ma’had Al-Furqon Muhammadiyah Cibiuk-Garut_Mohon Maaf Apabila Terdapat Kesalahan Wassalam . .

SUBYEK PENDIDIKAN

Posted by Ayub Cibiuk 07.59, under | No comments



SUBYEK PENDIDIKAN



محَمَّدٌ رَسُولُ اللَّهِ وَالَّذِينَ مَعَهُ أَشِدَّاءُ عَلَى الْكُفَّارِ رُحَمَاءُ بَيْنَهُمْ تَرَاهُمْ رُكَّعًا سُجَّدًا يَبْتَغُُونَ فَضْلا مِنَ اللَّهِ وَرِضْوَانًا سِيمَاهُمْ فِي وُجُوهِهِمْ مِنْ أَثَرِ السُّجُودِ ذَلِكَ مَثَلُهُمْ فِي التَّوْرَاةِ وَمَثَلُهُمْ فِي الإنْجِيلِ كَزَرْعٍ أَخْرَجَ شَطْأَهُ فَآزَرَهُ فَاسْتَغْلَظَ فَاسْتَوَى عَلَى سُوقِهِ يُعْجِبُ الزُّرَّاعَ لِيَغِيظَ بِهِمُ الْكُفَّارَ وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ مِنْهُمْ مَغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا
“Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. Kamu lihat mereka ruku’ dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud[1406]. Demikianlah sifat-sifat mereka dalam Taurat dan sifat-sifat mereka dalam Injil, yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya maka tunas itu menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus di atas pokoknya; tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mukmin). Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh di antara mereka ampunan dan pahala yang besar”.[3]

B. Kandungan Pendidikan Yang Dapat Dipetik Dari Surat Al-fath Ayat : 29
Di dalam Tafsir Ibnu Kasir di terangkan tentang ayat tersebut bahwa :
يخبر تعالى عن محمد صلوات الله عليه (1) ، أنه رسوله حقا بلا شك ولا ريب، فقال: { مُحَمَّدٌ رَسُولُ اللَّهِ } ، وهذا مبتدأ وخبر، وهو مشتمل على كل وصف جميل، ثم ثنى بالثناء على أصحابه فقال: { وَالَّذِينَ مَعَهُ أَشِدَّاءُ عَلَى الْكُفَّارِ رُحَمَاءُ بَيْنَهُمْ } ، كما قال تعالى: { فَسَوْفَ يَأْتِي اللَّهُ بِقَوْمٍ يُحِبُّهُمْ وَيُحِبُّونَهُ أَذِلَّةٍ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ أَعِزَّةٍ عَلَى الْكَافِرِينَ } [المائدة : 54] وهذه صفة المؤمنين أن يكون أحدهم شديدا عنيفًا على الكفار، رحيما برًا بالأخيار، غضوبًا عبوسًا في وجه الكافر، ضحوكا بشوشًا في وجه أخيه المؤمن، كما قال تعالى: [التوبة : 123]، وقال النبي صلى الله عليه وسلم: “مثل المؤمنين في توادهم وتراحمهم كمثل الجسد الواحد، إذا اشتكى
Alloh mengabarkan tentang Nabi Muhammad saw, bahwasanya beliau adalah utusanya yang hak tanpa ada keraguan, Alloh berfirman ( مُحَمَّدٌ رَسُولُ اللَّهِ )kalimat ini merupakan susunan mubtada’ dan khobar, semua sifat rosululloh sangat bagus, kemudian Alloh memuji para sahabatnya dengan firmanya yang berbunyi :
{ وَالَّذِينَ مَعَهُ أَشِدَّاءُ عَلَى الْكُفَّارِ رُحَمَاءُ بَيْنَهُمْ }
pujian ini sama seprti firman Alloh dalam surt Al- maidah ayat 54 yang berbunyi :
{ فَسَوْفَ يَأْتِي اللَّهُ بِقَوْمٍ يُحِبُّهُمْ وَيُحِبُّونَهُ أَذِلَّةٍ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ أَعِزَّةٍ عَلَى الْكَافِرِينَ{
inilah sifat seorang mu’min yang mempunyai sifat keras dan bengis terhadap orang kafir, pengasih dan berbuat kebaikan kepada orang yang suka berbuat baik, dan menunjukan wajah yang marah dan cemberut terhadap orang kafir, dan murah senyum dan wajah yang ramah terhadap orang muslim itu sendiri,

Budi Luhur Rosululloh Terhadap Orang Muslim
a. Beliau adalah seorang yang peramah, sopan santun dan tenang
Beliau adalah seorang yang pengasih, penyayang kepada sesama, murah hati dan suka memberikan pertolongan kepada siapa saja yangmembutuhkan bantuan, akibat kemurahan hari beliau, kerap kali beliau menanggung kesusahan orang yang sedang menderita susah dan mengalahkan kepentingan diri sendiri asalkan kesusahan orang lain dalam kebenaran.
Beliau adalah orang yang sabar, tahan uji dan berani menderita, beliau adalah orang yang tabah hati, tahan marah, dan tahan dendam jika kebetulan marah, tidak ada tanda-tandanya, melainkan kerut urat yang berdiri diantara bulu – bulu keningnya, memang beliau adalah seorang yang lapang dada, dapat mengendalikan dan menahan kemarahan hatinya.
b. Beliau adalah orang yang terkenal jujur, bisa di percaya,
Berliau jujur dalam perkatan dan jujur dalam perbuatan serta sangat jauh dari sifat pendusta atau pembohong karenanya sejak muda sudah terkenal dengan nama al amin ( yang di percaya )
c. Beliau suka menghormati yang lebih tua dan mengasihi yang lebih muda dan beliau orang yang berterima kasih, suka membalas jasa dan tahu membalas jasa.



Bab III
Tugas Pendidik Kepada Anak Didik

Sesungguhnya tugas seorang pendidik muslim bukan sekedar mengisi otak murid-muridnya dengan berbagai ilmu pengetahuan, kemudian selesai . akan tetapi ia harus melanjutkannya kepada pendidikan yang lebih sempurna yang berdiri diatas kejernihan aqidah dan akhlak, dari hal-hal yang dilarang oleh dien yang lurus. Maka seorang pendidik muslim yang sukses haruslah menjadikan perkataan dan tingkah laku murid-muridnya di dalam kelas bersandar kepada petunjuk nabi yang benar .
Dan perjalanan hidup rosululloh menunjukan bahwasanya beliau adalah seorang yang bijaksana, seorang mu’allim, pemberi pengarahan, orang yang belas kasih, dicintai dan orang yang ikhlas.
Maka seorang pendidik muslim haruslah mensifati dirinya dengan sifat- sifat ini terutama dalam hal keihklasan, ia harus mengikhlaskan amalnya hanya untuk Alloh semata, tidak melihat kepada harta, apabila ia di beri sedikit ia merasa bersyukur dan apabila ia tidak di beri ia merasa bersabar, Alloh lah yang memberikan rezeki di dunia dan menetapkan pahala baginya di akherat.
Kewajiban pendidik muslim terhadap anak didiknya adalah seperti berikut:
- seorang pendidik harus menanamkan jiwa rela berkorban dan berjihad di jalan Alloh untuk melawan musuh–musuh Islam dari kalangan orang –orang Yahudi dan orang-orang Ateis, mempertautkan alam fikiran anak didik dengan kemulian generasi salaf dan menguatkan keimanan mereka untuk meneladani para sahabat dalam masalah keimanan dan akhlak.
- Kemudian diharus menjadikan anak didiknya faham bahwasanya bangsa Arab adalah kaum yang di muliakan Alloh dengan kedatangan islam, sehingga jika mencari kemulian dari selain Islam niscaya Alloh akan menghinakan mereka.
- Seorang pendidik hendaknya menjauhkan anak didiknya dari idiologi yang rusak
- Mendidik anak untuk besikap optimis, agar ia bisa menghadapi kehidupan dengan penuh keberanian dan harapan serta bisa menjadi pribadi yang bermanfaat bagi umatnya


Bab IV
                                                                       Penutup       

Seorang pendidik hendaknya memahami benar bahwa pekerjaannya adalah termasuk pekerjaan yang paling mulia dan terhormat, namun disisi lain juga berat kerena syaratnya harus tanggung jawab. Masa depan umat adalah tergantung pada sejauh mana ia mengarahkan, mendidik, dan mengajari anak didiknya, hatinya yang masih suci bak mutiara yang masih polos tanpa ukiran dan gambar, baik dan buruknya tergantung kelihaian sang pengukir. Jika dibiasakan dan diajarkan untuk berbuat kebaikan, ia akan tumbuh menjadi anak yang baik . sedangkan apabila di biasakan dan di ajarkan berbuat jahat dan di biarkan begitu saja seperti membiarkan binatang ternak, maka ia akan binasa dan sengsara. Oleh karena itu sebelum menjalankan tugasnya, seorang pendidik harus mengadakan perbaikan kedalam, karena kebaikan dan keburukan yang ada pada diri anak tergantung pada dirinya. Kebaikan akhlak seorang pendidik adalah sebaik-baik pendidikan bagi mereka.


Daftar pustaka
- Tim Penyusun , Alquran Dan Tarjamah,( Jakarta: 1985, Pelita I )
- Chalil Moenawar KH. kelengkapan Tarikh NabiMuhammad,
( Jakarta : 2001, Gema Insani Press)

0 komentar:

Posting Komentar

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive